Persiapan Bulan Ramadhan 2016

Persiapan Menjelang Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan - Bulan ramadhan sebentar lagi tiba, bagi sebagian besar umat islam bulan puasa ramadhan merupakan bulan yang penuh keistimewaan. Jangan sampai kita menyia-nyiakan begitu saja tanpa ada keistimewaan di dalamnya. Sebagaimana yang telah kita ketahui bersama bahwa puasa di bulan Ramadhan merupakan ibadah yang wajib untuk kita kerjakan.

Lalu, apa saja yang harus kita persiapkan menghadapi bulan yang penuh berkah ini. Berikut beberapa persiapan pribadi yang menurut saya harus kita lakukan menjelang puasa bulan ramadhan 2016:

  • Persiapan Fisik 

Persiapan fisik dalam ibadah puasa sangat penting, jangan sampai anda kehilangan pahala karena jatuh sakit/ kurang enak badan dan berakibat terganggunya ibadah puasa anda. Untuk itu menjaga kebugaran dengan berolahraga, makan makanan yang bergizi, dan mengurangi kebiasaan buruk seperti rokok dan kopi bisa menjadikan alternatif dalam upaya menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh anda.

  • Persiapan Akal

Dalam upaya mempersiapkan akal anda dapat melakukan dengan mempelajari ilmu khususnya ilmu agama seperti tuntunan puasa ramadhan maupun tuntunan ibadah yang lainnya. Dengan melakukan pendalaman mengenai ilmu tersebut diharapkan anda akan paham mengenai makna sekaligus tujuan dari ibadah yang akan anda kerjakan.

  • Puasa Syaban terlebih dahulu

Sebelum memasuki puasa Ramadhan, ada baiknya kita melakukan puasa Syaban terlebih dahulu. Selain untuk membiasakan diri, hal ini (puasa Syaban) juga menjadi anjuran Rasulullah SAW, agar dibersihkan dari segala dosa dan penyakit hati.

  • Menjaga Sikap

Menjaga akhlak dan sikap. Selama puasa, kita tidak hanya menahan lapar dan haus, tetapi juga akhlak dan sikap, diantaranya adalah penglihatan, lisan dan pendengaran. Oleh karena itu, ada baiknya mulai kini kita saling menahan diri dan hawa nafsu.

Mudah-mudahan dengan melakukan Persiapan Menjelang Puasa Ramadhan jauh-jauh hari dari datangnya bulan Ramadhan 1435 H ini ibadah anda akan semakin meningkat. Amin