Inilah Contoh Surat Resmi Lengkap yang Baik dan Benar

Inilah Contoh Surat Resmi Lengkap yang Baik dan Benar

Tonnymarezco.com - Surat menyurat menjadi salah satu hal yang masih banyak dilakukan terutama oleh instansi atau lembaga tertentu. Kegiatan menulis surat resmi ini dilakukan dengan banyak tujuan, mulai dari pemberitahuan rapat hingga surat peringatan.

Menulis surat resmi sebenarnya merupakan hal yang cukup mudah. Meski demikian, tidak semua orang mampu melakukannya. Namun Anda tak perlu khawatir karena sebenarnya ada rahasia untuk membuat contoh surat resmi yang baik dan benar.

Baca juga: Intip Contoh Surat Permohonan Terbaik dan Terlengkap Ini

Hal yang perlu diperhatikan adalah kelengkapan contoh surat resmi itu sendiri. Terdapat beberapa unsur yang harus ada pada sebuah surat resmi perusahaan maupun surat resmi sekolah, antara lain:

  1.  Kop Surat ber-logo instansi
  2. Tanggal
  3. Nomor arsip
  4. Perihal
  5. Tujuan
  6. Isi Surat (bahasa yang dipergunakan adalah bahasa baku)
  7. Tanda tangan atau stempel
Terkait hal tersebut, berikut adalah beberapa contoh surat resmi dari beberapa instansi, antara lain:

  • Contoh Surat Resmi sekolah

contoh surat resmi


Surat resmi tersebut berisi undangan bagi wali murid untuk menghadiri acara sosialisasi bantuan beasiswa yang diadakan oleh pihak sekolah. Selain contoh di atas, pihak sekolah dapat membuat surat resmi dengan tujuan berbeda, mulai dari pemberitahuan pengambilan rapor hingga surat pemberitahuan masa liburan.

  • Contoh Surat resmi instansi

contoh surat resmi
Contoh surat resmi tersebut merupakan pemberitahuan tentang rencana pengadaan barang di kantor yang dilakukan oleh SATLAK PPK-IPM provinsi Jawa Barat.

Masih ada banyak contoh surat resmi lengkap, baik, dan benar yang bisa ditulis. Selamat mencoba.